IPM

IPM

1325 Organisasi, IPM, pimpinan ranting, ikatan pelajar Muhammadiyah

Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau sering disingkat dengan IPM adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak untuk kegiatan pengkaderan di lingkungan sekolah. Adapun organisasi tersebut dibentuk untuk memberikan pendidikan organisasi pada siswa yang sedang atau dalam pendidikan. Organisasi ini bergerak di lembaga Pendidikan yaitu Sekolah, Madrasah atau Pondok Pesantren juga bisa di luar lembaga namun dengan keanggotaan seorang pelajar biasanya terdiri dari anak-anak yang sekolah di luar Muhammadiyah.

Jika di dalam intra sekolah, disebut OSIS, akan tetapi di sekolah Muhammadiyah disebut IPM, dimana tidak hanya lingkup sekolah, akan tetapi berjenjang dari ranting, cabang, daerah, wilayah dan pusat. Di Madrasah Darul Ulum terdapat 2 Pimpinan Ranting yaitu tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. dalam hal ini dimaksudkan ada level tingkatan dalam proses pengkaderan, sehingga nantinya jika beranjak pada tingkat Cabang akan lebih matang dan bisa menguasi ilmu organisasi yang dimaksudkan.

Sebelumnya antara Pimpinan Ranting MTs dan MA ini menjadi satu kepemimpinan. Akan tetapi, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur secara resmi berdiri sendiri sejak Tahun 2013/2014.  Setiap setahun sekali, organisasi ini menggantikan OSIS jika disekolah umum, namun jika di IPM lebih memfokuskan pada pengkaderan dan pokok-pokok keislaman dan kemuhammadiyahan.

Strukutur yang terbentuk terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Bidang-Bidang Pembantu Ketua.

Cara Pemilihan dengan pemilihan Ketua Umum dan Formatur yang dipilih oleh seluruh anggota IPM atau seluruh siswa madrasah.

Kegiatan yang dilaksanakan tentunya mengarah pada Visi dan Misi Madrasah yang kemudian dijabarkan dengan Program Kerja IPM setiap Tahunnya. Selain itu IPM juga banyak membantu dalam beberapa hal baik akademik dan non akademik, baik itu adminstratif maupun fisik.

Pengkaderan dalam IPM memang menjadikan suatu anak yang mampu mandiri lebih awal dan menjadi siswa terdepan dari yang lain, tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan menjadikan siswa tanggung jawab yang lebih besar tentunya membawa amanah yang diemban.

Demikian gambaran IPM yang ada di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur, semua siswa dapat berkesempatan untuk menjadi pimpinan IPM tergantung pembawaan diri siswa tersebut.